Minggu, 02 Februari 2020

Jalan Lintas Provinsi Rohul Banyak Yang Rusak, Ini Kata Wagubri Jawab Wartawan

0 komentar
ROKAN HULU,otdariau.com
Saat ini sejumlah jalan lintas Provinsi Riau yang ada di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kondisinya rusak parah, dan perlu perbaikan agar tidak menganggu aktifitas perekonomian masyarakat.

Ada tiga titik ruas jalan lintas Provinsi di Rohul yang rusak dan harus segera dapatkan penanganan, yakni jalan Kabun- Pasir Pangaraian, Rokan - Banjar Datar,Sontang Kecamatan Bonai Darussalam- Duri Kabupaten Bengkalis, termasuk di Desa Mahato Tambusai Utara.

Ditanya apa upaya Provinsi Riau untuk menangani kerusaan jalan tersebut, Wakil Gubenur Riau (Wagubri) H. Edy Natar Nasution S.Ip, mengaku, dirinya sudah mengintruksikan Dinas PUPR Riau turun dan melihat kondisi jalan jalan yang rusak tersebut.

"Kita sudah mengetahui jalan jalan yang rusak, dan kita sudah intruksikan Dinas PUPR melihat kondisi di lapangan. Kita juga mendapat masukan dari masyarakat dan berbagai elemen terkait kerusakan jalan termasuk Pak Gubernur juga sudah mengetahuinya," kata Wagubri Edi Natar, Minggu (1/2/2020) kemarin sore, saat menghadiri pelantikan DPD Jami'ah Batak Muslim Indonesia (JBMI) kabupaten Rohul, di pendopo rumah dinas Bupati Rohul.

Edy Natar menambahkan, namun tentunya dengan kemampuan Anggaran yang dimiliki Provinsi Riau, bila dilakukan untuk perbaikan sekaligus di Riau tentu itu tidak mungkin.

"Tetapi mana yang menjadi prioritas setelah kita lihat di lapangan segera diperlukan ,maka akan kita lakukan penanganan. Kita tetap mendengar keluhan itu semua," sebut Wagubri.

Ditanya berapa anggaran yang dikucurkan Provinsi Riau dalam APBD 2020 untuk perbaikan jalan di seluruh kabupaten/ kota, Wagubri mengaku tidak hafal besaran dana yang dianggarkan.Dirinya berharap, semua daerah dapat pemerataan di seluruh kabupaten/ kota yang ada di Riau.

"Karena dalam satu tahun anggaran tidak mungkin semuanya bisa tuntas. Ini harus dipahami dengan baik. Juga agar jangan sampai rekan-rekan mediapun saya minta tolong dewasa dalam kita berpikir bagaimana kita ke depan ini apalagi menjelang tahun politik seperti ini peran media besar,"

"Bila juga merasa ikut memiliki bumi lancang Kuning ini mari kita bersama-sama lihat masalah dengan jernih.Sehingga masyarakat yang tidak sepenuhnya memahami dengan baik nantinya bisa memahaminya," harapnya.

Sementara itu, informasi Sekretaris Desa Sontang Kecamatan Bonai Darussalam, Mulyadi, di Dusun I Harapan Desa Sontang sepanjang 1 km jalan lintas sekitar dua bulan mengalami rusak parah.

Bahkan kata Mulyadi menambahkan, akibat jalan rusak kini kendaraan pribadi dan roda dua tidak lagi dapat melintas. Kerusakan jalan cukup parah, akibat lalu lalang setiap harinya mobil berat baik tronton maupun jenis trailer, dum truk milik sejumlah perusahaan pengangkut CPO, kelapa sawit, sirtu setiap harinya melintasi jalan tersebut sehingga bertambah parah.

"Kades Sontang sudah berinisiatif lakukan penimbunan dengan sirtu, namun hanya sifatnya menangani semetara saja. Kini kerusakan jalan sudah bertambah parah," tegas Mulyadi.

Sekdes berharap, Gubri maupun PUPR Riau bisa segera mengatasi permasalahan jalan tersebut. Karena itu akses satu satunya bagi masyarakat untuk ke Duri dan sebaliknya.

Sedangkan kerusakan jalan lintas Provinsi Riau Rokan - Banjar Datar di Kecamatan Rokan IV Koto,kini juga sudah dilakukan perbaikan sementara oleh pihak PUPR Rohul. Masyarakat berharap, perbaikan jalan oleh provinsi bisa ditangani secara permanen,karena terjadi sudah menahun dan itu jadi persoalan yang selalu dihadapi masyarakat. (Fah).

0 komentar:

Posting Komentar