Sabtu, 04 April 2020

Terkait ODP Ini Penjelasan Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Rokan Hulu.

0 komentar
Foto Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Rokan Hulu ada Juru Bicara' juga Kadis Kominfo Drs. Yusmar, M.Si bersama Kadiskes dr. Bambang Triono dan Direktur RSUD Rokan Hulu dr Novil Raykel
ROKAN HULU(SP)- Tim Gugus Tugas Covid-19 atau Corona Virus Desease Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu menjelaskan Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada beberapa terbagi.

Demikian disampaikan Bupati Rokan Hulu H. Sukiman melalui juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Rokan Hulu Drs. Yusmar MSi menjawab konfirmasi grup media ini, Sabtu (4/4/2020).

Lanjut Yusmar, ada yang pantauan mandiri, tidak perlu ada perlakuan dari pihak lain, dia menjaga kesehatan sendiri, karena belum ada gejala yang mencurigakan, hanya yang bersangkutan datang dari  zona  atau daerah yang sudah ada Covid 19.

"Ada juga ODP datang dari zona merah yang telah menunjukkan gejala gejala adanya virus  di tubuhnya, di berikan perlakuan sesuai dengan SOP kesehatan yang telah di tentukan. Waktu pemantauan 14 hari," kata Yusmar juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskomifo) Kabupaten Rokan Hulu ini.

Ada lagi ODP yang dianggap telah harus di pantau rutin, ODP menjadi PDP,  pasien dalam pantauan, orang yang bersangkutan harus di bawa ke tempat isolasi Rumah Sakit yang telah di tentukan.

Bentuk lain tambahnya, yang akan di laksanakan oleh pemerintah baik Pusat,Provinsi maupun Kabupaten Rokan Hulu, apakah dalam bentuk bantuan atau atau perlakuan.
Seperti sudah ada nya disediakan bantuan beras dari bulog 100 ton perkabupaten.

Mantan Kadis di beberapa Dinas di Kabupaten Rokan itu menambahkan, apabila dalam jumlah banyak ODP,  akan di isolasi pada suatu tempat tertentu, karena keterbatasan tempat tinggal mereka, tapi semuanya itu ada aturan yang harus di sesuaikan dengan lapangan, regulasi nya ada dan harus di sesuaikan, ada tahapan dan kriteria yang jelas.

"Jangan asal dilaksanakan tapi kurang tepat sasaran, seharusnya tepat sasaran dan bermanfaat," jelasnya

"Seperti status Corona juga, ada tanggap darurat, ada yang sudah darurat. Perlakuannya tentu berbeda,"terangnya lagi.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab kembali menghimbau warga untuk tetap tenang, namun mari terus dukung ajuran pemerintah sehingga Covid-19 tidak ada lagi.

Untuk diketahui sebelumnya Tim Gugus Tugas Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu  resmi sudah mengumumkan data Corona Virus Desease atau Covid-19, adanya satu orang Pasien yang Positif yang saat ini ditangani serius  tim medis.

Selain itu ada Pasien Dalam Pengawasan 4 orang yang sedang dirawat 3 di RSUD Rokan Hulu dan 1 Pasien dirujuk di RS Pekanbaru serta Orang Dalam Pantauan (ODP) 1.873 orang dari 2.176 setelah dikeluarkan 303 orang dari Pantauan Jumat, (3/4/2020) jam 17.26 wib.

Sementara itu, menanggapi hal ini adanya 1. 876 dari 1.126 ODP dan adanya masyarakat yang bertanya Wakil Ketua DPRD Rokan Hulu dari Fraksi Partai Golkar selain menyampaikan himbaunnya untuk masayarakat tetap tenang tidak panik, Pihaknya juga meminta penanganan OPD diperketat.  (Fah).



0 komentar:

Posting Komentar