Selasa, 19 Mei 2020

Kemenag RI Imbau Masyarakat Salat Idul Fitri 1441 H Di Rumah

0 komentar
PEKANBARU,otdariau.com - Menteri Agama Republik Indonesia, Fachrul Razi mengimbau masyarakat agar melaksanakan salat Idul Fitri 1441 H di rumah saja. Imbauan itu disampaikan karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikannya saat melakukan Video Conference (Vidcon) bersama Kementerian Koordinasi Politik, Hukum dan Ham (Menko Polhukam) RI, Mahfud Md beserta beberpa menteri dan gubernur terkait serta Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar yang berlangsung di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (18/5/2020).

Dikatakan Fachrul, Kemenag RI akan tetap mengimbau untuk tetap shalat Id di rumah bersama keluarga dan jika masih dilakukan berjamaah di mesjid atau lapangan, dikhawatirkan perkumpulan saat ibadah salat akan menjadi penyebaran Covid-19.

"Imbauan ini telah kami lakukan baik melalui Vidio, Instagram dan media sosial lainnya," terangnya.

Fachrul mengatakan, imbauan tersebut berlaku untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia baik yang berada di zona merah maupung hijau.

"Salat di rumah bersama keluarga jauh lebih baik daripada berjamaan di mesjid dan lapangan yang nantinya bisa menularkan dan tertular Corona," sambungnya.

Terkait beberapa daerah yang masih memaksakan untuk melaksanakan salat Id berjamaah dimesjid dan lapangan, Fachrul mengingatkan agar tetap memakai masker, menjaga jarak, tidak melakukan kontak fisik dan selalu membawa handsanitizer. Serta, kepada aparat pengawasan seperti TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan tenaga medis agar menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dalam Vidcon tersebut, Gubri Syamsuar didampingi langsung oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effdendi, Danrem 031/Wirabima, Kolonel Infanteri M. Syech Ismed, Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsama TNI Ronny Irianto Moningka. (MCR/NV)

0 komentar:

Posting Komentar