Selasa, 01 September 2020

Ini Dia Super Gambuh Yang Bikin Penonton Terpukau

0 komentar
Dumai, Riau | otdariau.com - Pandemi COVID-19 memang membuat banyak aspek terkendala, salah satunya adalah aspek kesenian. Kesenian Kuda Kepang merupakan salah satu aspek yang paling diminati oleh Masyarakat Kota Dumai, Riau. Selain sebagai hiburan, Kesenian Kuda Kepang bertujuan untuk melestarikan kebudayaan asli Indonesia, seperti Kebudayaan Jawa ini.

Di dalam pertunjukan Kesenian Kuda Kepang, tak luput dari atraksi kesurupan. Nah, di saat atraksi kesurupan tersebut, ada satu figur yang memiliki peran khusus, yakni membuat pertunjukan lebih menarik dan membuat Penonton tak beranjak dari tempatnya. Siapa dia? Kebanyakan orang menyebut dengan nama Gambuh, atau Pawang Kuda Kepang. Tanpa adanya Gambuh, pertunjukan akan terasa kurang lengkap.

Salah satu contoh di Group Kesenian Kuda Kepang Tri Rahayu, pimpinan Mbah Misni, yang selalu tampil memukau Penonton di mana pun Group tersebut tampil. Group Kesenian Kuda Kepang yang beralamat di Simpang Murini, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bukit Kayu Kapur, Kota Dumai ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni Super Gambuh.

Kepiawaian Super Gambuh di berbagai pertunjukan di beberapa tempat, membuat Penonton semakin bergairah dan biasanya ketagihan dengan pertunjukan Group Kesenian Kuda Kepang Tri Rahayu tersebut. Siapakah Super Gambuh tersebut? Masyarakat Kelurahan Kampung Baru mengenalnya dengan nama Kang Kodirun, sosok yang sederhana dan suka melawak/guyon.

Pimpinan Group Kuda Kepang Tri Rahayu, Mbah Misni, saat ditemui otdariau.com pada hari Jum'at, 28/08/2020, berharap agar semoga Wabah Pandemi COVID-19 ini segera berakhir dengan bersama sama kita mematuhi Protokol Kesehatan dari Team Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di mana pun berada, agar Mata Rantai COVID-19 dapat terputus dan supaya rasa haus akan hiburan dapat segera terobati. Terlebih rasa kangen ingin melihat atraksi Super Gambuh ini. (Red)

0 komentar:

Posting Komentar