Selasa, 24 November 2020

DPPKBP3A Lakukan Pembinaan Kepada Duta Anak Kampar, Untuk Persiapan Tingkat Provinsi Riau

0 komentar











Bangkinang Kota ( otdariau  ) - Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar telah sukses menggelar ajang Pemilihan Duta Anak Kampar Tahun 2020. Para juara sudah terpilih dan akan berkesempatan mewakili Kabupaten Kampar pada ajang pemilihan Duta Anak Riau di tingkat Provinsi Riau yang akan digelar tahun depan.


Selanjutnya, Dinas DPPKBP3A Kampar bersama Forum Anak Kabupaten Kampar akan terus melakukan  pembinaan dan bimbingan kepada anak-anak yang juara tersebut untuk dipersiapkan di ajang pemilihan Duta Anak Tingkat Provinsi Riau dan  Nasional.


Demikian diungkapkan Kepala Dinas DPPKBP3A Kabupaten Kampar Drs. H. Edi Afrizal, MSi melalui Kabid Perlindungan Anak Satiti Rahayu, SKM, M.K.M dan Kasi Pemenuhan Hak Anak Nila Riwayati, SKM M.Si kepada wartawan, Selasa (24/11/2020). "Alhamdulillah, penyelenggaraan pemilihan Duta Anak Kampar 2020 sukses, tugas kita selanjutnya melakukan pembinaan kepada mereka," ujarnya.



Disampaikan Edi Afrizal bahwa pembinaan yang diberikan itu bagaimana memacu kreativitas anak, mengembangkan bakat anak serta inovasi-inovasi yang dikembangkan anak. Disamping itu juga memberikan pengetahuan dan pendalaman materi yang akan diuji di tingkat Provinsi nanti.


Materi-materi yang didalami itu seputar, peran Forum anak, pelopor dan pelapor, isu permasalahan anak meliputi perokok anak, perkawinan usia dini, pergaulan bebas, bullying, pekerja anak. Terus juga tentang  program dan solusi apa yang dilakukan para duta selanjutnya setelah menjadi duta. 


Edi Afrizal yakin dengan persiapan yang matang yang mereka lakukan, Duta Anak Kampar akan berhasil meraih prestasi maksimal ditingkat Provinsi bahkan Nasional. "Kita menargetkan, Kampar meraih prestasi terbaik ditingkat Provinsi dan Nasional," ujarnya.


Sebelumnya, DPPKBP3A Kabupaten Kampar telah melaksanakan Ajang Pemilihan Duta Anak Kampar tahun 2020 bertempat di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar, Jumat (20/11/20), Kegiatan ini dibuka oleh

Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Drs. H.Yusri M.Si mewakili Bupati Kampar. 


Ajang pemilihan duta Anak Kampar ini merupakan yang pertama digelar di Kabupaten Kampar. Peserta terdiri dari utusan desa dan kecamatan. 


Dari ajang pemilihan tersebut maka terpilih sebagai  Juara 1, DESTRY PRIYANTI KADAR, Runner Up 1, M. EGITIA ZAINI, Runner Up 2, RISKA DEVI, Juara Pelopor dan Pelapor  TETI NURUL BAROKAH, Juara Favorit, ADIB NAUFAL HABIBI, dan kategori Berbakat, FADHILLAH RISKY RAMADHAN.


Pada kesempatan itu Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar menyampaikan bahwa kegiatan Pemilihan Duta Anak Kampar ini sangat bermanfaat, apalagi saat kondisi Covid-19 dimana anak-anak sedang dirumahkan.   "Walaupun jumlahnya terbatas mengingat protokol kesehatan, namun diiharapkan anak-anak tetap dapat berkreatifitas melalui karya maupun hal positif lainnya," ujarnya.


Sekda mengingatkan bahwa anak-anak harus dipersiapkan sedini mungkin agar mampu membentengi diri mereka  dari pengaruh buruk dan perbuatan negatif. "Mari kita  dorong anak-anak untuk terus berkreasi dan berkarya agar nantinya bisa menjadi generasi penerus menggantikan kita di masa depan," ajak Yusri. 


Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kampar Edi Afrizal menambahkan bahwa ajang pemilihan Duta  Anak Kabupaten Kampar ini juga menjadi salah satu point untuk penilaian  Kabupaten Layak Anak (KLA). "Penilaian KLA akan dilaksanakan Februari tahun depan dan kita menargetkan kategori KLA Kampar meningkat dari Pratama ke Madya," harapnya. (Ontuo daus )

0 komentar:

Posting Komentar