Selasa, 02 Februari 2021

Sekda Kampar Buka Lomba Basiacuong Sempena HUT Kampar Ke-71

0 komentar

Bangkinang Kota (  otdariau  ) -
Bupati Kampar yang diwakili Sekda Kampar, Drs. H. Yusri, M.Si, secara resmi melakukan pemukulan gong sebagai tanda telah dibukanya secara resmi lomba Basiacuong tingkat Kecamatan sempena memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-71. Dalam memeriahkan hari jadi kabupaten Kampar tersebut Pemerintah Daerah melaksanakan beberapa lomba dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk menghindari Virus covid 19.


Pembukaan lomba Basiacuong dipusatkan di studio suara Kampar dan dihadiri perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Zulia Dharma, Camat Bangkinang Kota Irianto dan Camat Bangkinang Amiruddin. Selasa (2/2)


Dalam arahannya Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs.Yusri, M.Si menyampaikan bahwa lomba Basiacuong merupakan warisan kearifan lokal yang harus dijaga dan dilestarikan oleh kita semua, karena Basiacuong merupakan potensi yang bisa kita kembangkan agar seni budaya ini dapat lebih dikenal labih luas lagi.


“basiacuong merupakan warisan budaya dan merupakan kearifan lokal yang harus kita jaga dan lestarikan, budaya ini harus kita kembangkan untuk lebih dikenal luas di Indonesia”ujarnya


Disamping itu lomba Basiacuong merupakan salah satu perhelatan untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-71, Basiacuong merupakan warisan budaya yang tidak semua masyarakat bisa melakukannya, dibutuhkan keahlian supaya proses Basiacuong bisa berjalan dengan baik dan lancar.


“untuk melakukan Basiacuong dibutuhkan keahlian khusus, dan penguasaan bahasa daerah agar Basiacuong berjalan dengan baik, ini merupakan kearifan lokas yang kita harapkan dapat diturunkan ke anak cucu kita kelak”ucap Yusri


Diharapkan Sekda dengan dilaksanakan lomba Basiacuong, Basiacuong dapat lebih dikenal oleh generasi muda Kabupaten Kampar dan lebih dikenal oleh seluruh ragam suku yang ada dikabupaten Kampar, dan Basiacuong merupakan salah satu adat istiadat masyarakat Kabupaten Kampar.


Yusri juga berharap lomba Basiacuong ini juga dapat diselenggarakan pada hari jadi Kecamatan, Desa agar adat istiadat ini dapat lebih dikenal luas diseluruh Kabupaten Kampar, jika telah dikenal diseluruh Kabupaten Kampar, diharapkan generasi muda dapat lebih memahami dan mengenali adat istiadat Basiacuong.


Usai membuka secara resmi lomba Basiacuong, Sekretaris Daerah juga meninjau salah satu lomba memeriahkan hari jadi kabupaten Kampar diantaranya lomba Kaligrafi yang dipusatkan di aula Kantor Camat Bangkinang kota. ( ontuo daus )

0 komentar:

Posting Komentar