Kamis, 04 Februari 2021

Sekda Kampar Buka Rakor Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kampar Tahun 2022

0 komentar

Bangkinang Kota (  otdariau  ) -
Bupati Kampar yang diwakili Sekda Kampar, Drs. H. Yusri, M.Si, buka Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kampar tahun 2022. Rakor tersebut dipusatkan di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kabupaten Kampar, dalam rakor tersebut dibahas permasalahan atau isu strategis arah pembangunan Kabupaten Kampar, Rabu (3/2)


Hadir dalam Rakor tersebut Asisten Administrasi Setda Kampar Syamsul Bahri, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar, Para Camat se-kabupaten Kampar.


Sekda Kampar, dalam sambutannya mengungkapkan arah kebijakan pembangunan daerah tahun 2022 dan pedoman penyelenggaraan Musrembang tahun 2021, disamping itu setiap perangkat daerah wajib menyusun rencana kerja sebagai penjabaran rencana strategis dan bahan masukan untuk finalisasi RKPD Kabupaten/kota.


Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri, M.Si juga mengatakan bahwa Organisasi Perangkat Daerah juga menyusun berbagai dokumen rencana tahunan tersebut yang dilakukan melalui proses koordinasi antar instansi pemerintah dan proses partisipasi seluruh pelaku pembangunan dalam forum Musyawarah perencanaan Pembangunan (Musrembang).


Sekda juga memaparkan permasalahan atau isu strategis perencanaan pembangunan diantaranya terbatasnya akses dan mutu pendidikan kualitas dan sebaran Guru, serta sarana dan prasarana pendidikan, dengan demikian isu strategis yang harus dicapai yakni membangun sumber daya manusia yang handal dan relevan dengan kebutuhan daerah.


Selain itu permasalahan lainnya adalah belum optimalnya produktifitas sektor unggulan yang berdaya saing dan penanggulangan kemiskinan, melalui peningkatan produksi pangan pokok untuk ketahanan pangan dan kemandiriannya pangan.


Dalam kesempatan itu pula Sekda Juga menekankan kepada seluruh OPD untuk segera memprioritaskan sektor unggulan yakni sektor industri dengan cara mempersiapkan hamparan lahan untuk industri, sesuai dengan salah satu visinya peningkatan Industri.


Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Azwan menyampaikan tema dan prioritas tahun 2022 serta tema RKPD sesuai RPJMD adalah memperkuat efisiensi pembangunan dan produktivitas masyarakat yang berbasis kepada keunggulan kompetitif dan kooperatif.


Azwan Juga mengungkapkan skala prioritas dari RKPD 2022 diantaranya peningkatan kualitas hidup dan kapasitas sumber daya manusia, pembangunan ekonomi kreatif berbasis potensi unggulan daerah, peningkatan infrastruktur dan daya dukung lingkungan hidup dan peningkatan pelayanan publik dan kehidupan sosial yang agamis dan berbudaya.(ontuo daus )

0 komentar:

Posting Komentar