Sabtu, 20 Maret 2021

Disaksikan Sekda Kampar, Daman Huri Saruji Resmi dinobatkan sebagai Datuok Majolelo.

0 komentar

Kuok (  otdariau  ) - Sebagai pengganti kedudukan Datuok Majolelo Persukuan Melayu Majolelo Kubuo Pulau Balimbing Kenegeriam Kuok yang sebelumnya diemban Bustami dan meninggal pada bulan Agustus 2020 yang lalu.


Untuk itu sesuai dengan alur adat istiadat khusus dipersukuan Melayu Majolelo Kenegerian Kuok, maka Daman Huri Saruji diangkat dan dinobatkan sebagai Datuok Majolelo persukuan Melayu Majolelo di rumah Siompu Syafniati,S.Pd Dusun Bukit Agung Desa Kuok Kecamatan Kuok, minggu (21/3/21). 


Penobatan Dt Majolelo oleh Sekretaris persukuan adat Kenegerian kuok Datuok Penghulu Besar Khalil  dengan cara diangkat sumpah dan pemasangan Detau tersebut dihadiri Bupati Kampar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri,M.Si, Dt Bandaro Mudo yang juga Ketua Lembaga Adat Kampar, Camat Kuok Darusmar dan Kades Kuok Khairisman,SH serta 20 Ninik Mamak Datuok nan 20 persukuan di kenegerian Kuok.


Yusri yang juga merupakan Datuok Bandaro Mudo dalam amamatnya menyampaikan bahwa sumpah datuk tidak banyak tapi sangat luar biasa beratnya. "kate indak ba pucuok, kabawah ndk ba ughek ditonga digighiok dek kumbang. Artinya tidak ada batas waktu, tenaga dan pikiran untuk anak kemanakan.


Kalau jabatan Bupati, kepala Dinas atau Kepala desa hanya sementara, akan tetapi jabatan sebagai seorang Datuok dalam persukuan akan sampai bakalang tanah, akan tetapi ninik mamak ini merupakan hal yang saklar, Untuk itu marilah kita berkata benar dan bejalan lurus.


Menjiwai mendarah daging, jangan hanya simbol. Belajar, lakukanlah fungsinya. Ulama, pemerintah, adat, itulah tali bapilin tigo, tigo tungku sajoangan dan harus menjadi kayu besar ditengah lapangan. Biar daun bisa untuk berteduh, batang untuk bersandar, dahan untuk bergantung.


Sementara itu Daman Huri yang telah dinobatkan sebagai Dt Majolelo dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada anak kemanakan yang telah mempercayakan sebagai Datuok Majolelo Kepala perskukuan majolelo Kunuo Pulau Pelimbing Kenegerian Kuok.


Diakui dirinya kok umo olun sataun jaguong, kok dara olun satampuok pinang. Artinya masih belum banyak pengalaman khususnya dalam adat iatiadat. Untuk itu mohon juga nantinya kepada perangkat adat dan anak kamanakan bimbingan, arahan dan kekompakan dalam kebersamaan persukukuan khususnya persukuan Melayu Majolelo.( ontuo daus  ).

0 komentar:

Posting Komentar