Kamis, 16 September 2021

Mengenal Demit Cilik dan Group Kesenian Jaranan SKB

0 komentar

Dumai,Otdariau.com- Setiap Group Kesenian Jaranan memiliki icon tersendiri yang bisa membuat siapapun yang mendengar namanya akan langsung mengetahui seperti aliran Group tersebut, apakah Banyumasan atau Pegonan, seperti apa Tariannya, Gendingannya, dan lain sebagainya.

Istilah Demit Cilik atau yang lebih dikenal dengan sebutan Adek Ragil sudah menjadi icon tersendiri di dalam Group Kesenian Jaranan Sapto Krido Budoyo (SKB) yang beralamat di Gang Sirih, Mampu Jaya, Kota Dumai, Riau.

Group Kesenian Jaranan yang dipimpin oleh Mbah Ngatino (Mbah Ngat), Gambuh dipimpin oleh Mbah Sunaryo (Mbah Glemboh), Gamelan dan Seni Tari dipimpin oleh Mbah Sudirno (Mbah Derman), Meja Sajen diketuai oleh Aa' Rudi, itu memang selalu mendapat nilai plus di kalangan Masyarakat.

Salah satu Tokoh Masyarakat yang enggan disebutkan namanya mengakui bahwa di sini baru ini ada Penampilan Tari Kiprah seperti ini. Ini merupakan kreativitas Group yang layak mendapat perhatian khusus dari Dinas Kebudayaan, jelasnya.

Ketika kita ingin mengetahui siapakah Demit Cilik? Sudah tentu pandangan kita akan tertuju pada seorang Wanita Cantik Penari Kiprah yang merupakan salah satu Anak didik dari Mbah Sudirno/Mbah Derman yang memang sudah lihai menampilkan Tari Kiprah tersebut. Dialah Windi Mustika Sari, Putri dari Bapak Sujiman dan Ibu Suwansih (Almh).

Tari Kiprah pun menjadi icon tersendiri di dalam Group Kesenian Jaranan Sapto Krido Budoyo (SKB), dan menjadikan SKB  merupakan satu satunya Group Kesenian Jaranan yang sudah berhasil memulainya dengan Demit Cilik sebagai salah satu Ambassadornya. Selain Gendingan yang dimainkan oleh Penggamel SKB ini memang pas, memakai larik/not, Para Gambuh yang telaten, Tarian SKB ini juga kreatif, timbul dari Ide, gagasan para anggota dan Sesepuh Group, imbuhnya.( Red)

0 komentar:

Posting Komentar