Jadi Pelopor Moderisasi Beragama, Kepala MAN 1 Kampar Sambut Hangat Kedatangan Tim Dari Dirjen Pendis Kemenag RI | Otda Riau I Portal Berita Riau
 


Kamis, 28 Oktober 2021

Jadi Pelopor Moderisasi Beragama, Kepala MAN 1 Kampar Sambut Hangat Kedatangan Tim Dari Dirjen Pendis Kemenag RI

0 komentar

Kampar (Otdariau) -  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Kampar, saat ini menjadi salah satu pelopor Moderisasi Beragama di Provinsi Riau. Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya Siswi MAN 1 Kampar atas nama Zuhudiah Azzahrah menjadi Duta Nasional dari Provinsi Riau dalam mengikuti Moderasi Beragama Se-Indonesia, di Yogyakarta beberapa minggu yang lalu.


Dengan keberhasilan Zuhudian Azzahrah menjadi Duta Nasional dari Prov. Riau, maka pada hari ini kamis (28/10/2021), Tim dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia datang berkunjung ke MAN 1 Kampar, sambil silaturrahim dan Pendampingan Peer Training Moderisasi Agama. Kedatangan Tim Dirjen Kemenag RI ini di Koordinir oleh Dr Aris Adi Laksono SPd MPd dan disambut langsung oleh Kepala MAN 1 Kampar H Sasra Putra MA, dan warga MAN 1 Kampar. 


Usai melaksanakan acara penyambutan, Dr Aris Adi Laksono SPd MPd kepada wartawan menyampaikan, bahwasanya tujuan kita hadir ke Negeri Kampar, khusunya  MAN 1 Kampar ini adalah untuk pendampingan Peer Training Moderisasi Agama, terhadap Ananda Zuhudiah Azzahrah yang menjadi Duta Nasional dari Provinsi Riau dalam mengikuti acara Moderasi Beragama Se-Indonesia, di Yogyakarta beberapa minggu yang lalu. 


Dari 50 peserta yang tersebar diseluruh Indonesia, kita akan mencari 10 besar untuk menjadi inisiator muda moderisasi beragama. Oleh karena itu, kita sangaja hadir disini untuk melihat secara langsung kondisi riil dan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Ananda kita ini. Alhamdulillah Ananda kita ini terus aktif, dan kita yakin Ananda kita ini mampu mengerjakan berbagai tugas dalam moderisasi beragama. 


Dalam pendampingan, Kementerian Agama kita lakukan kemaren awalnnya masa pendemi kita lakukan daring dengan memberikan pemahaman apa itu moderisasi beragama dengan menghadirkan berbagai pakar, mulai dari KSP, BNPT, PPIP, Para Praktisi, selama ini menyuarakan moderisasi beragama, menyuarakan Islam-Islam Masadiyah, menyuarakan perdamaian, toleransi, dan seterusnya, ungkap Aris 


Alhamdulillah selama pendampingan tersebut anak-anak kita yang terpilih 50 cukup aktif. Kami sangat senag sekali, mereka idenya cukup luar biasa. Karena setelah pendampingan kita evaluasi di grup kecil, ap ani yang kurang dari anak-anak kita kasih tau. Apa yang harus dilakuakn kedepan kita kasih tau. Sehingga memang beteul-betul matang. Harapannya tidak sekedar ditingkat Nasional, kita harap duplikasi ditingkat Provinsi, dengan arti kata ada kederisasinya, harap Aris.


Sementara itu, Kepala MAN I Kampar H Sasra Putra dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa bahagianya karena telah dikunjungi oleh Bapak Dr Aris Adi Laksono SPd MPd, yang juga merupakan Ketua Pimpinan Pusat Persatuan Guru NU. Semoga dengan kehadirian beliau, dapat memberikan spirit dan keberkahan bagi Madrasah kita, serta nantinya Ananda kita  Zuhudiah Azzahrah bisa masuk 10 besar. Motivasi dan pendampingan yang diberikan, mudah-mudahan bisa dicerna  dan dipalikasikan dengan sebaik-baiknya bagi Ananda kita dan terus menjadi yang terbaik.


Untuk diketahui juga, sejak Ananda kita ini terpilih menjadi Duta Nasional dari Riau dalam Moderisasi Beragama, beliau sering diundang oleh sekolah-sekolah. Insya Allah, besok pagi hari Jum’at, Zuhudiah Azzahrah akan tampil di Kota Dumai dalam rengka mengisi Moderisasi Beragama. Kita berdo’a, mudah-mudahan anak kita ini terus tampil maksimal dan membanggakan kita semua, pungkas Sasra. 


Usai melaksanakan acara penyambutan dan wawancara, Tim Dari Dirjen Pendis Kemenag RI langsung meninjau pekarangan Madrasah dan beberapa ruangan MAN 1 Kampar. Tidak sampai disitu, Dr Aris Bersama rombongan juga mengunjungi rumah Ananda Zuhudiah Azzahrah untuk bersilaturrahmi dan bincang-bincang ringan dengan Ibunda Zuhudiah. (Ontuodaus)


0 komentar:

Posting Komentar