Minggu, 10 Oktober 2021

Kadis PMD Dukcapil Riau Menyapa Kades Se-Riau

0 komentar



Pekanbaru (Otdariau) - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Kependudukan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Riau Yurnalis SSos MSi, menyapa Kepala Desa (Kades) se-Riau, hari senin (11/09/2021) diruang kerjannya.


Dalam kesempatan tersebut Yurnalis mengatakan, pada hari kamis lalu secara langsung  dan spontan saya berkunjung ke Desa Tanjung Sawit, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar.  Di Desa ini ada kisah inspiratif dari Kades Tanjung Sawit, Two Bagus Parito Pohan SE.


Ada beberapa catatan prestasi Kades ini, seperti penerimaan Pendapatan Asli Desa (PADes) Tahun 2020 sebesar Rp. 121 juta, target PADes tahun 2021 sebesar Rp. 175.000 & thn 2024 sebesar Rp. 400 juta. Sumber PADes ini terdiri dari Bumdes, Pasar Desa, Pengelolaan Air Bersih untuk Kebutuhan Masyarakat, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Pasar Desa, Retribusi Fasilitas UMKM dan lain-lain.


Penggunaan PADes ini diperuntuk oleh Kades untuk membantu masyarakat miskin, penyandang cacat (disabilitas), guru mengaji, imam Mesjid, ghorim Mesjid,  operasional ambulans dan lain sebagainya, ungkap Kadis PMD yang akrab dipanggil Udo ini.


Pada kesempatan tersebut, Kami sampaikan kepada beliau " Pak Kades sudah berinvestasi dunia akhirat".


Pemandangan yang sangat manarik di persekitaran Kantor Desa Tanjung Sawit adalah pemanfaatan parit untuk memelihara ikan tanpa adanya sekat pengaman sedikitpun dari tangan - tangan jahil, pertanda Desa ini aman dan nyaman.


Kami memotivasi seluruh Bapak dan Ibu semua untuk mengelola dana Desa, alokasi dana Desa, bantuan keuangan khusus Provinsi secara efektif, efisien serta tepat sasaran. 


Saat ini memang masih ada dana Desa, alokasi dana Desa, bagi hasil retribusi dan pajak, bantuan keuangan dari provinsi dan lain-lain. Namun bisa saja suatu sumber - sumber dana ini sudah tidak ada, maka PADes-lah yang kita harapkan menjadi back up supaya Desa bisa survive.


Sejalan visi Presiden RI, Bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Riau yang digulirkan Gubernur Drs. H. Syamsuar, M.Si & Wakil Gubernur Riau H. Edy Natar Nasution, S.IP sebagai bentuk kehadiran dan perhatian pemerintah Provinsi Riau terhadap Desa, maka gunakanlah dana ini dengan baik, efektif, efisien dan tepat sasaran.


Dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa, marilah kita berpikir dan bertindak kreatif  - inovatif, enterpreneurshif menuju Desa Mandiri. Bangun dan berdayakanlah Desa berdasarkan kebutuhan  skala prioritas, bukan berdasarkan keinginan.


Semoga kisah inspiratif dari Desa Tanjung Sawit bisa menginspirasi kita semua dalam membangun dan memberdayakan masyarakat Desa. Di Desa Tanjung Sawit tidak potensi Desanya yang terbentuk semula jadi, misalnya wisata desa, namun dengan sentuhan kreatif, inovatif dan jiwa enterpreneurshif kepala Desa, Alhamdulillah Desa ini maju sehingga dalam penilai dari berbagai kategori berhasil meraih Juara I Lomba Desa Tingkat Provinsi Riau.


Sesuai dengan visi Presiden Indonesia Joko Widodo "Mari kita bangun Indonesia dari kawasan pinggiran, yaitu dari Desa". Semoga dengan keberadaan Ambo sebagai Kadis PMD Dukcapil Prov Riau bermanfaat untuk kita semua. Aamiin Ya Robbal Alamin, pungkas Yurnalis. (Ontuodaus)


0 komentar:

Posting Komentar