Selasa, 05 Oktober 2021

Ketua Pemuda Dewan Dakwah Kampar, Ucapkan Selamat HUT TNI Ke-76

0 komentar

Bangkinang Kota (Otdariau) – Ketua Umum Pemuda Dewan Dakwah (PDD) Kabupaten Kampar Ustadz Gustika Rahman SPdI, mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT-TNI) ke 76 tahun 2021. Hal ini disampaikannya, sehari sebelum hari Puncak Peringtan HUT TNI kepada Dandim 0313/KPR Letkol. Inf. Leo Oktavianus Sinaga SSos MIPol.


Ustadz Agus mengatakan, TNI ini lahir bersama rakyat di masa perjuangan melawan penjajah Belanda. Perjuangan mereka sungguh luar biasa dalam mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka bertempur dan berjuang untuk menegakkan kedaulatan dan kemerdekaan bangsa.


Dari sejarah bisa kita lihat berbagai ancaman setelah Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 1945. Mulai dari kedatangan tentara Inggris ke Indonesia setelah menyerahnya Jepang pada Sekutu tanpa syarat. Kedatangan tentara Inggris tersebut dimanfaatkan Belanda sebagai pintu untuk kembali menjajah Indonesia.


Di lain sisi, TNI juga mesti menghadapi ancaman militer dengan mengatasi pergolakan di berbagai daerah, pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Madiun, dan Darul Islam (DI) di Jawa Barat. Berbagai bentuk ancaman ini mengganggu integritas nasional. Sementara itu, ancaman dari luar negeri dari Belanda yang melakukan Agresi Militer sampai dua kali. Sekali pun Belanda memiliki organisasi dan persenjataan lebih modern, namun integritas dan eksistensi Republik Indonesia bisa dipertahankan dengan terjadinya kerjasama kekuatan antara TNI dan rakyat.


Kita juga melihat PKI makin beringas hingga timbullah Gerakan 30 September (G30S). Peristiwa itu telah menggugurkan sejumlah perwira TNI yang kemudian digelari Pahlawan Revolusi. TNI yang saat itu bernama ABRI bertindak cepat atas masalah pertahanan keamanan ini dan menumpas pemberontak PKI. PKI pun akhirnya dapat diberantas dan dinyatakan sebagai organisasi terlarang. Untuk mengingat sejarah ini, kita di Pemuda Dewan Dakwah Kampar setiap tahunnya mengadakan Diskusi dan Nobar Film G30S/PKI, dengan menghadirkan Narasumber dari Kajari, Dandim dan Danyon.


Oleh karena itu, melalui tema HUT TNI tahun ini “Bersatu, berjuang, kita pasti menang”. Mari kita dukung penuh TNI dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan kita bersatu, Bersama-sama berjuang, Insya Allah seberat apapun tantangan, akan bisa kita hadapi, pungkas Agus dengan semangat. (Ontudaus)


0 komentar:

Posting Komentar