Diklat Tagana Resmi di Tutup, Bupati Kampar : Tugas Tagana Merupakan Panggilan Jiwa Tanpa Minta Imbalan | Otda Riau I Portal Berita Riau
 


Kamis, 02 Desember 2021

Diklat Tagana Resmi di Tutup, Bupati Kampar : Tugas Tagana Merupakan Panggilan Jiwa Tanpa Minta Imbalan

0 komentar

XIII Koto Kampar :  (  otdariau  )                 Atas tugas dan tanggung jawab yang di berikan kepada tagana bahwa mereka bekerja tanpa pamrih dan siap selama 24 Jam, tanpa imbalan dan gaji tugas ini adalah panggilan jiwa, ini menjadi catatan bagi Pemerintah Kabupaten Kampar atas beban yang pikulkan kepada anggota tagana, Atas pengorbanan dan keikhlasan yang diberikan hanya Allah Swt yang dapat membalas. 


Diklat seperti ini telah lama tidak dilaksanakan, maka dengan pelatihan keterampilan ini maka makin memantapkan seorang tagana yang tangguh dan siap dalam melaksnakan tugas dalam penanggulangan bencana. 


Demikian dikatakan Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri M.Si pada penutupan Diklat Pemantapan Tagana Kampar yang di gelar di D'Kotoz Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar pada, Kamis Malam, 02/12." Kata Yusri. Diklat ini diadakan mulai tanggal 29 Nopember s/d 03 Desember 2021 yang diikuti oleh 59 orang anggota Tagana Kampar, penutupan di tanda dengan pelepasan tanda peserta dan penyerahan piagam kompetensi. 


Saya meraskan kebahagian tersendiri dan terharu atas Diklat ini ini terasa berada dalam keluarga sendiri , jiwa seperti hanya dimiliki oleh tagana yang siap Siaga kapanpun di butuhkan, Tagana yang kokoh  di segani dan di pandang, harapan kita 25 orang di setiap kecamatan dengan sertifikasi pelatihan. Jika dibandingkan dengan penduduk Kampar yang terdata 900. 000 Jiwa, tidak sebanding dengan jumlah tagana saat ini, namun kita tetap berupaya untuk memenuhi kebutuhan ini " Kata Yusri Dt. Bandaro Mudo yang didampingi oleh Camat XIII Koto Kampar Zulfikar dan Lurah Batu Bersurat Ahmad Noval, S

STP dan para Kabid, kasi di Dinas Sosial Kampar. 


Diklat ini tentunya dapat memberikan peningkatan keterampilan dapat di terapkan di tengah - tengah masyarakat" Pinta Yusri. 


Sementara itu Ketua Forum Taruna Kampar Fahmil. SE M. Eng dalam sambutan menyampaikan bahwa selama beberapa hari ini kami menerima materi dan di tempa dalam pemantapan dan koordinasi tagana Kampar, Ini sudah lama di tunggu dan di nantikan oleh tagana, baru kali ini tagana mendapat pemantapan" Kata Fahmil trtharu. 


Kami sangat rindu dengan teman-teman dalam Perkumpulan yang telah lama tidak melakukan silaturrahmi saat inilah moment semua dapat berkumpul, dimana kami sehari-hari dalam kondisi siap 24 Jam, Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Kampar selaku Pembina kami, begitu juga kepada Sekda Kampar dan Kepala Dinas Sosial atas dilaksanakan program pemantapan ini " Kata Fahmil. 



Kita di Tagana bukan saja menjalankan tugas dan tanggung jawab tapi juga merupakan ibadah dengan kita ikhlas kita lakukan tanggung jawab ini, semoga kita di jauhkan dari seluruh bencana " Kata Fahmil. 


sehingga kita dalam berbuat kepada masyarakat mendapat pahala dari Allah SWT, semoga kita semua di berikan keberkahan dan dijauhkan dari bencana " Tutup Fahmil, SE. M. Eng. 


Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kampar Muhammad menyatakan Taruna Siaga Bencana telah mengikuti pemantapan selama beberapa hari ini yang dimulai 29 Nopember s/d 03 Desember 2021 tak terlepas dari andil dan dukungan Bupati Kampar dan seluruh kita termasuk Bapak Fahmil selaku Pimpinan DPRD Kampar, melalui dukungan kita semua kegiatan ini dapat terlaksana " Kata Muhammad. 


Dalam pelatihan ini kita mendatangkan Narasumber yang berkompeten yakni Sunarti Kepala Balai Besar Regional Sumatera, Basarnas Pekanbaru dan Dinas Sosial dan Tagana Provinsi Riau , 2 orang Anggota Kodim 031/KPR yang menempa fisik, kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar" Kata Muhammad. 


Untuk diketahui Jumlah Anggota Tagana Kampar sebanyak 72 anggota sementara yang ikut pelatihan sebmayak 50 orang yang terdiri dari berbagai latar belakang profesi, dan tersebar di seluruh Kecamtan, namun masih ada 7 Kecamatan yang masih kosong sehingga penyebaran di seluruh kecamatan dapat dilakukan perekrutan, untuk sarana tinggal dapur umum yang belum kita miliki " Pinta Muhammad 


Salah satu perwakilan peserta dalam pesan dan kesan  Hendry Dunan yang saat ini menjadi kepala desa Gunung Sahilan Darussalam menyampaikan kami sangat meraskan manfaat pelatihan ini, dengan pelatih yang profesional dengan semangat kami mengikuti pelatihan ini, Kami siap melaksnakan tugas 24 Jam, kapan pun di panggil dan di butuhkan" Kata Hendri Dunan. 


Diakhir Acara peserta pelatihan bercengkrama dengan Sekda Kampar terhadap kondisi yang dirasakan tagana saat ini, berbagai asa dan harapan di sampaikan kepada sekda kampar. ( ontuo daus )

0 komentar:

Posting Komentar