Pemkab Sijunjung Sosialisasikan Tertib Ukur | Otda Riau I Portal Berita Riau
 


Selasa, 29 Maret 2022

Pemkab Sijunjung Sosialisasikan Tertib Ukur

0 komentar


Sijunjung,otdariau.com -
Dalam rangka menerapkan tertib ukur, UPTD Metrologi Legal Dinas Dagperinkop UKM menggelar sosialisasi kemetrologian kepada penyuluh agama se-Kabupaten Sijunjung di Balairung Lansek Manih, Selasa (29/3/2022).

Selain itu juga dilakukan pencanangan UPTD Metrologi Legal Dinas Dagperinkop UKM Sijunjung menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM). 

Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah menyebutkan sosialisasi tersebut bertujuan untuk menyamakan pemahaman tentang kemetrologian bagi penyuluh agama.

"Kami berharap, penyuluh agama menjadi mitra metrologi yang akan menyampaikan , pesan tentang pentingnya tera dan tera ulang," ungkapnya.

Dijelaskan Wabup, tera dan tera ulang dilakukan untuk timbangan, alat ukur, takar dan perlengkapannya.

"Kami berharap alat ukur yang digunakan masyarakat Sijunjung, nantinya akan sesuai dengan peraturan dan juga sesuai juga syariah agama Islam," jelasnya. 

Kemudian sebut Wabup, pada tahun 2011 UPTD Metrologi Legal Kabupaten Sijunjung, meluncurkan inovasi Sistem Pelayanan Langsung Tera dan Tera Ulang (Sayang Terulang).

Bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Sijunjung, nanti para penyuluh agama bisa menyampaikan  dalam ceramah dan kegiatan agama lainnya tentang pentingnya alat ukur sesuai aturan tersebut.

Selain dengan Kementerian Agama, UPTD Metrologi Legal juga bekerjasama dengan  Disdikbud untuk memberikan sosialisasi kepada siswa SD untuk memperkenalkan kemetrologian sejak dini.

Selanjutnya, pihak Baznas juga memberikan bantuan berupa timbangan yang sesuai standar, kepada pedagang skala mikro di Kabupaten Sijunjung.

Sementara, dalam program sayang, pelaksaan dilakukan secara langsung ke tempat masyarakat dengan menyediakan minimal 10 timbangan yang akan di tera dan tera ulang.(Dicko)

0 komentar:

Posting Komentar