Hadiri Pelantikan AKU Kampar, Pj. Bupati Kampar : Data, Verifikasi seluruh Produk Lokal Kampar Untuk didaftarkan di E Katalog | Otda Riau I Portal Berita Riau
 


Senin, 13 Juni 2022

Hadiri Pelantikan AKU Kampar, Pj. Bupati Kampar : Data, Verifikasi seluruh Produk Lokal Kampar Untuk didaftarkan di E Katalog

0 komentar

 



Bangkinang Kota :  (  Ot )   Pemerintah terus memberikan dorongan dan support terhadap bangkitnya usaha ekonomi masyarakat dalam percepatan Ekonomi masyrakat sekaligus sebagai upaya dalam memenuhi asupan gizi masyrakat dalam penanggulangan stunting. 


Untuk mengangkat produk lokal Kampar harus di masukkan ke dalam System aplikasi online di e Katalog, sehingga seluruh masyrakat dapat melihat produk lokal dan menjadi dasar belanja, tinggal lagi menjadi menarik dan tahan lama dan Standarisasi. Selain itu warga Kampar semdiri harus terlebih dahulu menggunakan dan mengkonsumsi produk lokal Kampar. 


Oleh sebab itu Pemerintah berharap kepada Andalan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Aseptor (AKU UPPKA) untuk dapat bersinergi dengan pemerintah dalam upaya peningkatan Ekonomi masyarakat dan penanggulangan Stunting di Kabupaten Kampar, karena makanan lokal juga penuh dan kaya akan gizi. 


Pada kesempatan tersebut Ketua DPD AKU Riau Hj. Maryenik Yanda, SH melantik Ketua DPC AKU Kampar Hj Lasvita Siahaan, Sekretaris Ns. Erwina Rinding S. Keb, Bendahara Dwi Astuti, SE dan pengurus Andalan Kelompok UPPKA (AKU) Kabupaten Kampar masa bhakti 2022 - 2026 yang ditandatangani oleh Ketua Badan Pengurus Provinsi Riau AKU  Maryenik Yanda, SH dan Sekretaris Iin Setiawati, S. Sos, M. Si. dengan SK nomor : SK - 03/BPD - AKU /VI/2022 Tertanggal 12 Juni 2022. 


Demikian dikatakan Pj Bupati Kampar Dr.H.Kamsol.MM yang diwakili Sekda Kabupaten Kampar Drs.H.Yusri M.Si Menghadiri Acara Pelantikan  dan Pengukuhan Badan Pengurus Cabang Perkumpulan ‘’Andalan Kelompok UPPKA (AKU)’’ Masa Bakti 2022-2026 yang diadakan di Di Aula Kantor Bupati Kampar di Bangkinang Kota,  Senin 13/06. 


Turut menghadiri Ketua BPD AKU Provinsi Riau Hj. Maryenik Yanda,SH. Perwakilan BKKBN Provinsi Riau H.Said Masri, Kadis DPPKBP3A Edi Afrizal. Kadis Koperasi Hendri Dunan. Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Ali Sabri, Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril S.STP. 


Sekda Kampar Drs.Yusri Mengucapkan Selamat Atas kegiatan Pengukuhan BPC Andalan Kelompok UPPKA (AKU) 

Kabupaten Kampar Periode 2022-2026 dan Selamat datang di Kabupaten Kampar serambi Mekkah Provinsi Riau ini. 


Pada Kesempatan Ini Saya Sampaikan Apresiasi BPC Dan Selamat Kepada Pengurus AKU Kabupaten 2022-2026 Yang Ini, Saya Berharap Kampar Periode Dikukuhkan Pada Hari BPC AKU Kabupaten Kampar mampu membina dan memotivasi kelompok - kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) yang ada di Kabupaten Kampar. 


UPPKA harus dapat berperan aktif dalam memajukan kelompok UPPKA yang merupakan cikal bakal dapat meningkatkan UMKM yang ekonomi masyarakat ditengah masa pandemi saat ini melalui pendekatan pemberdayaan ekonomi keluarga dan memulihkan ekonomi akibat efek pandemi covid-19 


Satukan langkah kita semua, untuk satu tujuan yaitu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Kabupaten Kampar. Harapan kita semua, pengurus BPC AKU Kabupaten Kampar bersama stake holder terkait saling kompak dan besinergi dalam memajukan UMKM ditengah pandemi saat ini. 


Mari kita tingkatkan promosi kuliner dan kerajinan lokal dengan memaksimalkan

kemasan dan pemasaran sehingga produk lokal Kabupaten Kampar bisa dikenal luas dan mampu bersaing dengan produk dari Luar.Untuk menjadi perhatian kita bersama, dengan terbentuknya BPC AKU Kampar periode 2022-2026, harapannya BPC AKU juga bisa mengambil peran sebagai mitra dalam hal percepatan penurunan stunting diKabupaten Kampar. 


Kegiatan ini sangat relevan dengan stunting Saat ini prevalensi stunting di Kabupaten Kampar masih tinggi sebesar 25%, secara nasional pada tahun 2024 target percepatan penurunan stunting diharapkan prevalensi stunting menurun menjadi 14%. ini adalah tanggungjawab kita bersama, mari posisikan diri sesuai tupoksi BPC AKU di percepatan penurunan stunting. 


Dalam kesempatan ini, saya sampaikan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat, perangkat pemerintah daerah, dan segenap elemen pemangku

kepentingan atas kerjasama dan dukungannya dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kampar selama ini" Kata Yusri Datuok Bandaro Mudo. 


Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPKBP3A) Kabuapten Kampar Edi Afrizal menyatakan bahwa Pelantikan AKU perpanjangan dari pusat, Provinsi hingga ke Kabupaten, tujuan untuk melanjutkan bangga Kencana KB dengan program program ekonomi, Membina kelompok PPKA yang ada di Kampar sebanyak 68 Kelompok dengan usaha pembuatan kerajinan, kuliner dan kegiatan Ekonomi keluarga. 


Dari kelompok ini sudah dapat menghasilkan produk yang sudah sampai ke luar daerah, harapan kita ini agar terus ditingkatkan sehingga menarik minat beli Masyrakat, untuk meningkatkan ekonomi keluarga" Kata Edi Afrizal. 


Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau yang diwakili oleh

0 komentar:

Posting Komentar