Atusias Ikuti Pelatihan ICT, Petani: Terimakasih Ditjen Bina Bangda, Ini Sangat Bermanfaat Bagi Kami | Otda Riau I Portal Berita Riau
 


Rabu, 13 Juli 2022

Atusias Ikuti Pelatihan ICT, Petani: Terimakasih Ditjen Bina Bangda, Ini Sangat Bermanfaat Bagi Kami

0 komentar

 




JAKARTA, -  ( ot ) Pelatihan Information and Technology Communication (ICT) Program IPDMIP dilaksanakan serentak di Serang, Bandung dan Semarang.  Salah satu peserta pelatihan di Serang, Herlianto menyampaikan manfaat dari pelatihan ini 


“Dengan pelatihan ini, kami bisa meningkatkan hasil, memasarkan produk dengan lebih luas dan  dengan mudah mendapatkan banyak informasi. Mangkanya kami ucapkan terimakasih banyak," kata Herlianto yang merupakan Ketua Kelompok Petani Harum Damai, di Kabupaten Pesawaran, Lampung.


Selain itu, Jumain, petani di kabupaten Mesuji menyampaikan harapan setelah adanya pelatihan ICT ini 


 


“Kami berterimakasih sangat dengan adanya pelatihan ini. Kami bisa menjual gabah dengan harga yang lebih tinggi, kami juga bisa dapat informasi lebih mudah. Ini akan sangat berguna untuk mengendalikan hama didaerah kami," ujar Jumain.


Pelatihan ICT Program IPDMIP ini dibuka secara resmi oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Teguh Setyabudi secara daring pada Senin (11/7). 


Melalui Program ICT, Teguh berharap dapat menjadi peluang untuk meningkatkan kesejahteraan banyak rumah tangga dan petani  di perdesaan, meningkatkan ketahanan pangan dan mendorong pembangunan ekonomi.



“Kemajuan teknologi telah membuka akses pasar yang lebih luas dimana masyarakat dapat memperoleh pangan dari seluruh Indonesia bahkan dari luar negeri. Hal ini menjadi tantangan besar bagi petani agar dapat memanfaatkan teknologi  sebagai peluang mendapatkan akses pasar yang lebih luas, tidak hanya pada tingkat lokal namun juga tingkat nasional," tegas Teguh.


Pelatihan dilaksanakan secara hybrid pada tanggal 11 hingga 13 Juli 2022, dihadiri Bappenas, Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian serta diikuti langsung oleh para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) serta para petani, dan secara daring oleh Organisasi Perangkat Daerah Pengampu Program IPDMIP diwilayah IV, V dan VI. 


Pada pelatihan ini, dilaksanakan juga simulasi penggunaan aplikasi Matani.id, aplikasi yang dibuat oleh Ditjen Bina Pembangunan Daerah untuk mendukung petani dan PPL dalam melaksanakan pertanian di lapangan.

0 komentar:

Posting Komentar