Hadiri 1 Muharram di Salo Bersmaa Ustadz Achmad Zaki Mirza, Kamsol Paparkan Program Kampar Menuju Swasembada Beras, Mohon Dukungan Masyarakat | Otda Riau I Portal Berita Riau
 


Kamis, 11 Agustus 2022

Hadiri 1 Muharram di Salo Bersmaa Ustadz Achmad Zaki Mirza, Kamsol Paparkan Program Kampar Menuju Swasembada Beras, Mohon Dukungan Masyarakat

0 komentar

 


Salo - Penjabat (PJ) Bupati Kampar Dr. H. Kamsol  menghadiri sekaligus mengikuti Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 sekaligus bersilaturahmi dengan Masyarakat Desa Air Manis Kecamatan Salo, Kamis Malam (11/08/2022). 


Kegiatan tersebut diadakan usai Ba’da  Sholat Isya berjemaah di Masjid Muawwanah Desa Air Manis Salo. Turut hadir pada acara tersebut diantaranya  Kepala Dinas Kesehatan Zulhendra Das’at, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga yang Diwakili oleh Kepala Bidang, Camat Salo Reflizal, Kepala Desa Air Manis serta Jemaah Masjid Muawwanah. 


Sedangkan untuk Tausiyah disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zacky Mirzha, Penceramah Kondang dari Jakarta. 


Dalam sambutannya Dr. H. Kamsol juga mengatakan bahwa saat ini seluruh dunia dalam keadaan rawan pangan, sehingga Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo mengajak seluruh Rakyat Indonesia untuk berusaha menciptakan Pangan, dengan cara memanfaatkan lahan perkarangan untuk ditanami Tanaman Pangan, sehingga Masyarakat dapat memenuhi kebutuhan Pangannya sendiri. 


Ditambahkan Penjabat Bupati Kampar itu juga mengatakan program yang akan digesa Pemerintah adalah menciptakan lahan Padi untuk menunjang Swasembada Beras di Kabupaten Kampar, menyampaikan strategi pembangunan untuk mendorong Ekonomi Masyarakat Kampar bangkit dari dampak Covid-19. Salah satu program yang tengah digalakan saat ini di Bidang Pertanian, seluas 100 Hektar ditanami Tanaman Padi selain itu juga akan melaunching Beras Kampar Cap Ulu Kasok. 


"Pertama kita lihat Pangan kita dulu, kita pernah Swasembada Beras disini, kita dorong lagi Beras Kampar. Kami merancanakan bulan Agustus melonching Beras Kampar dengan Cap Ulu Kasok," ujar Kamsol saat berkunjung ke Sekretariat PWI Kampar, 

Kamsol mengatakan untuk mewujudkan program tersebut, pihaknya akan membuat Koperasi Aperatur Sipil Negara (ASN) yang juga melibatkan para Petani, kemudian membentuk Anak Perusahaan. Koperasi ini nanti khusus untuk Sawah Padi saja, dengan mengandeng swasta yakni Anak Perusahaan yang didirikan itu sebut Kamsol adalah PT. Tani Agro Sejahtera. 


"Jadi koperasi ASN nanti ada tenaga ahli yang kita libatkan karena mempunyai kemampuan masuk di dalam Komisaris Pengelolaan Perusahaan itu, kemudian Investor," kata Kamsol. 


"Program pertama menanam 100 Hektar dan panen juga 100 Hektar dibulan Agustus. Ketika kita Produksi Beras minimal pasar kita ASN dulu," tuturnya. 


Ia menjelaskan kebutuhan Padi untuk Swasembada di Kabupaten Kampar membutuhkan lahan seluas 26 Ribu Hektar, dengan jumlah lahan ini, Swasembada Pangan di Kabupaten Kampar dapat terwujud, sedangkan lahan yang ada tau masih ditanami Padi seluas 4000 Ha yang tersedia, masih banyak luas yang dibutuhkan untuk dapat memenuhi Swasembada Pangan di Kampar. 


Disisi lain arahan dan sambutannya, Dr. H. Kamsol menyampaikan bahwa saat ini masih dalam Pandemi Covid 19, belum berakhir, virus masih ada, dan bisa saja cepat menyebar, salah satu upaya kita untuk memutus penyebaran virus dan penangkal virus yakni untuk mengikuti Vaksin 1,2 dan Vaksin Booster. 


Dalam kesempatan itu juga ia mengajak seluruh Masyarakat Desa Air Manis untuk ikut melakukan Vaksinasi mulai dari Vaksin pertama, kedua dan Vaksin Booster atau Vaksin ke tiga. 


“Salah satu upaya kita untuk dapat lepas dari Pandemi Covid 19 ini dengan cara mengikuti Vaksin 1, 2 dan Vaksin Booster atau ketiga” Ucapnya. 


Diakhir arahannya, Kamsol mengajak Masyarakat Desa Air Manis untuk tetap melanjutkan sekolah bagi anak - anak yang putus sekolah, dengan mengikuti program kejar paket, dengan mengikuti kejar paket untuk anak putus sekolah dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi seperti bangku perkuliahan dan ke tingkat lebih lanjut lainnya. (Ontuo daus)

0 komentar:

Posting Komentar