Pertama Di Riau, Pj Bupati Kampar Laksanakan Penanaman Padi Dengan Metode IPAT-BO | Otda Riau I Portal Berita Riau
 


Rabu, 31 Agustus 2022

Pertama Di Riau, Pj Bupati Kampar Laksanakan Penanaman Padi Dengan Metode IPAT-BO

0 komentar

Kampar (Otdariau) – Berbagai Program jitu dan pro rakyat, terus diluncurkan oleh Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol MM. Kali ini beliau membawa Guru Besar Universitas Padjadjaran (UNPAD) Prof Dr Ir Tualar Simarmata MS di Kabupaten Kampar dalam melaksanakan penanaman padi dengan metode Intensifikasi Padi Aerob Terkendali Berbasis Organik (IPAT-BO) perdana di Provinsi Riau, hari kamis (01/09/2022) di Kecamatan Bangkinang.


Kamsol mengatakan, dalam penanaman padi ini kita juga melakukan Penandatangan Nota Kesepakatan dengan Kodim 0313/KPR, dan langsung menanam padi dengan seluruh Forum Komunikas Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Kampar, serta disaksikan langsung oleh para petani dan masyarakat lainnya.


Lebih lanjut Kamsol mengatakan, penanaman padi dengan metode Intensifikasi Padi Aerob Terkendali Berbasis Organik ini dilaksanakan untuk pemulihan kesehatan lahan dan meningkatkan produktifitas padi, yang berguna dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan di Kampar.


Pada hari ini kita juga melauncing Koperasi Digital Kampar yakni Koperasi Batobo Andalan Sejahtera, yang bergerak khusus untuk petani dalam layanan usaha budidaya padi. Kemudian kita juga melakukan Sub Launching Beras dengan nama “Cap Ulu Kasok”. Beras Cap Ulu Kasok ini adalah beras Kampar, dengan kualitas premium, tanpa pemutih, tanpa pewarna dan tanpa pengawet, yang tentunya sehat untuk dikomsumsi.


Sementara itu Ketua DPRD Kab. Kampar Muhammad Faisal ST mendukung penuh program Pj Bupati Kampar yang pro Rakyat ini. Ini merupakan program pro rakyat yang luar biasa, yang telah dipersiapkan dengan matang oleh Pemerintah Daerah. Tentunya kita 


“Tentunya kita memberikan apresiasi, ini merupakan program yang luar biasa, dimana Kab. Kampar ini sebetulnya lumbung pangan. Tapi banyak tanah-tanah yang berlum terkelola. Oleh karena itu Pemerintah hadir untuk membantu masyarakat dan petani untuk meningkatkan, dan kembali awal-awal masyarakat adalah petani, memang dulu adalah lumbung beras di Provinsi Riau, jadi kita akan mengembalikan citra itu untuk menimngkatkan kebutuhan pangan khusus di Kab. Kampar, umumnya tentu di Provinsi Riau. Dalam segi anggaran, program ini tentu tidak terlepas dari anggaran, tentu kebijakan-kebijakan ini adalah kepentingan masyarakat, dimana ini pemerintah harus hadir untuk ini dan kita siap untuk penganggarannya, demi kepentingan orang banyak” terang Faisal.


Kemudian Dandim 0313/KPR Letkol Arh Muliyadi SIP dalam acara tersebut juga memberikan tanggapannya, yang mana program ketahanan Pangan ini adalah sejalan dengan ketahanan Nasional, yang mana ini memang dari Panglima TNI, Kepala Staf Angaktan Darat, Pangdam, Danrem dan Dandim, ini mendukung penuh gagasan-gagasan terkait dengan ketahan pangan. Tentunya dari ketahanan pangan ini, pertahanan kita juga akan semakin kuat, khususnya untuk Wilayah Kab. Kampar”, tegasnya. (Ags) 


0 komentar:

Posting Komentar