Ditunjuk Sebagai Ketua ADKI Riau, PJ Bupati Kampar Terus Lakukan Percepatan Pembinaan Dan Membangun Ekosistem Desa Kreatif | Otda Riau I Portal Berita Riau
 


Sabtu, 03 September 2022

Ditunjuk Sebagai Ketua ADKI Riau, PJ Bupati Kampar Terus Lakukan Percepatan Pembinaan Dan Membangun Ekosistem Desa Kreatif

0 komentar


Kampar (Otda Riau) – Ditunjuk sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Provinsi Riau, Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol MM, langsung mengintegrasikan Desa Kreatif dengan pelembagaan Forum UMKM Kampar. Pendirian Koperasi Syariah Digital UMKM Desa Kreatif atau Kopsya Deduktif, yang melibatkan pelaku UMKM termasuk di desa kreatif adalah gebrakan pertama Ketua ADKI Riau.

PJ Bupati Kampar terus melakukan percepatan pembinaan Desa Kreatif Kampar. Dalam pertemuannya dengan Ketua Umum ADKI Fikri El Aziz, pada hari sabtu (03/09/2022) di Pekanbaru, Kamsol menunjukkan 100 desa yang telah ditetapkan sebagai 50 Desa Kreatif dan 50 desa Menuju Desa Kreatif. 


"ADKI siap menghubungkan Desa Kreatif Kampar dengan Bank Indonesia dan BRK Syariah serta BUMN sebagai Bapak Asuh. Tersedia 39 modul di Akademi Desa Kreatif Indonesia untuk membantu melahirkam 10 pelaku UMKM Desa Kreatif, "Kata Fikri menyambut kabar gembira tersebut.


PJ Bupati Kampar juga menyampaikan kesediaan beberapa kepala daerah di Riau bergabung ke dalam  DPD ADKI Riau. Pj Walikota Pekanbaru, Bupati Meranti, Bengkalis, Kuansing, dan Siak sudah mulai dikontak terkait persiapan pelantikan DPD ADKI Riau oleh Pembina ADKI, Menparekraf Sandiaga Uno. 


"Insya Allah Menparekraf menghadiri Anugerah Kreasi Indonesia di Pekanbaru Riau pada 16-17 September. Pada dasarnya saya menyambut baik rencana PJ bupati Kampar untuk mengajak Menparekraf ke Desa Gema. Mungkin seperti kemarin menggunakan helikopter. Tolong siapkan plan B nya ya Bu, "imbuh Fikri kepada TA Bupati Kampar, Yanti KerLiP.


"Saya bersyukur tadi ketemu sama ibu-ibu kelompok, sekarang desa Salo Timur sudah dikenal lewat olahan kelor nya. Dulu ibu-ibudesa saya menyadap karet dan kemudian harga karet turun bu..alhamdulillah sekarang kami membuat kelompok kelor Bu, semoga bisa membantu perekonomian ibu-ibu khususnya desa Salo Timur.  Terima kasih ya Bu..sudah memasukkan desa kami sebagai salah satu desa kreatif...walaupun kebun kelornya belum besar tapi saya yakin nantinya kelor-kelor Salo Timur akan tumbuh dengan subur dan bisa menjadi sumber penghasilan keluarga disini seperti Kampung Patin. 


Alhamdulillah tetap semangat bu..Bu, insyaallah sebelum tanggal 10 September 2022 rumah produksi Natural soap KELORoS desa Salo Timur selesai Bu...setelah tanggal 10 September kapan-kapan Ibu ada waktu mau undang ibu untuk berkunjung. Jika nanti bapak Menteri Pariwisata memiliki agenda untuk berkunjung ke salah satu desa kreatif di Kab.Kampar dan jika desa Salo Timur dipilih sebagai tempat kunjungan kami sangat senang sekali bu sekalian bisa meresmikan rumah produksi KELORoS Kampar bersama bapak menteri, Bapak Bupati Kampar dan Bapak GM PLN UIP Sumbagteng dan Ibu bersama aparatur desa dengan menampilkan inovasi-inovasi makanan tradisional berbahan kelor dari desa kami dan pelaku-pelaku UMK olahan kelor di Kampar, Bu. 


Semoga rumah produksi KELORoS desa Salo Timur bisa diresmikan bersama ya Bu, "ujar Nurhidayati Sari, pelaku UMKM dari Salo.Timur kepada Yanti KerLiP. TA Bupati Kampar langsung menyampaikan pesan tersebut kepada Fikri sebagai alternatif. (Ags)


0 komentar:

Posting Komentar