Muizin Firmansayah Sosok Yang Sigap Membangun Kalaborasi | Otda Riau I Portal Berita Riau
 


Jumat, 30 September 2022

Muizin Firmansayah Sosok Yang Sigap Membangun Kalaborasi

0 komentar


Kampar (Otdariau) Karakteristik quick wins PJ Bupati Kampar mendorong kolaborasi dan menumbuhkan kesukarelawanan tidak hanya menjangkau masyarakat umum. Kepala Bidang Perlindungan Anak (Kabid PA) DPPKBP3A,  Satiti Rahayu dan Kabid Promosi Disparbud, David Hendra adalah dua ASN yang benar-benar luar biasa. Sejak ditugaskan kepala dinas masing-masing untuk mendampingi sahabat Bupati Kampar, YantiKerlip keduanya mengerahkan segala sumber daya untuk berkolaborasi mewujudkan ekosistem pembangunan yang mendukung pelaksanaan beberapa quick wins terkait.


Pondok Lesehan Bukit Semilir milik keluarga besar Satiti yang dikelola oleh suaminya, Muizin Firmansyah, menjadi coworking space yang mempertemukan masyarakat umum dengan para pemangku kebijakan di Serambi Mekah Riau ini. Ada akademisi, pengusaha, tokoh agama, tokoh adat  dan sahabat-sahabat jurnalis.


Muizin Firmansyah tidak hanya mendukung penuh kerja keras dan cerdas istrinya. Kepala Desa Sibuak Kecamatan Tapung periode 2015-2021 ini menjalankan amanah sebagai ketua Kopsyah Dudektif Kampar terpilih. Muizin bersama sekretaris Kopsyah Dudektif, Agus Rama, pemilik Radio Rama FM dan jurnalis di berbagai media online  langsung berkoordinasi dengan Kadiskoperdagukm, Henry Dunan untuk melegalkan Kopsyah yang dibentuk oleh Forum UMKM Kampar.


PJ Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol M.M mengukuhkan pengurus inti Kopsyah Dudektif Kampar pada Peresmian 50 Desa Kreatif dan 50 Menuju Desa Kreatif dalam Program Desa Ekowisata Ramah Anak Peduli Perempuan (Derapp) di Bulan SDG's (Sabtu, 17/9/2022) di Desa Tanjung Belit. Putra Sulung Bupati Kampar yang mengembangkan perusahaan di bidang TIK, Bintang membantu Muizin dan Agus Rama mengembangkan aplikasi yang sarat dengan kolaborasi multipihak.


Muizin  memimpin Kopsyah Dudektif fokus menjalankan amanah untuk membantu pemasaran dan pembiayaan yang dibutuhkan para pelaku UMKM di Desa Kreatif . Sementara itu perencanaan strategis UMKM Desa Kreatif disusun oleh Forum UMKM Kampar yang diketuai Dr. H. Zulher, M.S.


Selain memimpin Kopsyah Dudektif, Muizin juga melaksanakan pendampingan untuk memfasilitasi 23 kepala desa sangat tertinggal di Kecamatan Kampar Kiri Hulu. Kesibukannya mengelola Pondok Lesehan Bukit Semilir tidak menghalangi tekadnya untuk membantu percepatan pembangunan infrastruktur daerah tertinggal dan terisolir yang diamanatkan Gubernur Riau kepada PJ Bupati Kampar.


Kedudukan Muizin sebagai kepala desa Sibuak menjadi tumpuan harapan anak-anak muda di kecamatan Tapung. Mahbub, Han, dan Yoyo adalah tiga pemuda yang membantu Muizin menjalankan pemerintahan desa Sibuak. Kerelawanan ketiganya tak perlu diragukan lagi. Mereka mengelola yayasan yang bergerak di pendidikan di kecamatan Tapung. 


Komitmen dan pengalaman kerja relawan-relawan pendidikan tersebut yang mendorong pembina Sigap Kerlip Indonesia (SKI), Yanti Kerlip untuk menyerahkan manajemen Rumah Kerlip Beriman  kepada ketiganya. Sebelumnya, Muizin Firmansyah juga menyatakan kesediaannya untuk menjadi Koordinator SKI wilayah Riau. 


Tim SKI  dibentuk pada 2014  sebagai  badan otonom Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan. Kegiatan utama SKI menerapkan standar dan implementasi Pendidikan anak Merdeka, Bermutu, Tanpakekerasan (Panutan). Impian 100 Rumah Kerlip yang dituliskan Yanti Kerlip pada Oktober 2020 Insya Allah terwujud di 100 Desa Kreatif pada Hari Ulang Tahun Kabupaten Kampar dengan dukungan penuh Muizin dan tim SKI Kampar.

0 komentar:

Posting Komentar