Adakan Rapat, PJ Bupati Kampar Terus Komitmen Dalam Menyiapkan 100 Derapp Capai SDG's 2030 | Otda Riau I Portal Berita Riau
 


Senin, 10 Oktober 2022

Adakan Rapat, PJ Bupati Kampar Terus Komitmen Dalam Menyiapkan 100 Derapp Capai SDG's 2030

0 komentar

 

Kampar (Otdariau) – Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol  MM terus mendorong kolaborasi dalam aksi nyata membina 100 Desa Kreatif Menuju Desa Ekowisata Ramah Anak Peduli Perempuan (Derapp). Penyusunan rencana aksi Derapp Gerbang Melayu Beriman  melibatkan seluruh OPD terkait dan mitra.  Asisten II Setda Kab. Kampar Suhermi Hasan, langsung mewakili Bupati Kampar dalam memimpin rapat koordinasi Sekber Derapp kedua di Aula Kantor Bupati Lantai 3 bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Zulia Darma dan Yanti Kerlip (Senin, 10/10/2022).


Hadir dalam Rakor tersebut perwakilan  Forum UMKM Kampar, Ketua dan Sekretaris Kopsyah Dudektif, Rumah Sunting, Ketua dan pengurus IWAPI Kampar, Ketua PWI, Ketua JMSI, Koordinator Sigap Kerlip Indonesia wilayah Kampar, Koordinator Rumah Kerlip Beriman Desa Koto Tuo, Pembina Gerakan Indonesia Pintar Riau, Ketua Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan, Ketua IA ITB Pengda Riau,  Kemenag RI di Kampar, UP Tuanku Tambusai, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kampar, Ketua dan pengurus Forum Anak Kampar (Fakar).


Sedikitnya ada 5 poin penting yang disepakati dalam Rakor Sekber Derapp Kedua: 1. Rencana Aksi Derapp Gerbang Melayu Beriman tahun 2022 disepakati peserta rapat meliputi Lomba Kriya Limpah Kumandang antar Pontren 11-25 Okt 2022, Pelatihan Ekonomi Kreatif bagi 100 perempuan pelopor kelompok penggerak derapp dan Semiloka Kolaboraksi Koperasi, BUMDES dan UMKM mendukung Derapp Capai SDG's Desa 2030.dalam Festival SDG's Desa Kreatif 22-25 Oktober 2022 di Batu Tilam Desa Kebun Tinggi.


2. Semua OPD terkait dan mitra berkolaborasi dalam aksi gesa 8 quick wins PJ Bupati Kampar: RISE, Derapp, Akshara, Gemilang Limpah Kumandang, Geliat Kamu lengkap dengan Gerbangku dan TP BIS, Rumah Kerlip Beriman, Percepatan Pembangunan Desa Snagat Tertinggal dan Terisolir mencapai SDG's 2030.


3.  Rapat teknis persiapan Festival SDG's Desa Kreatif akan dilaksanakan Rabu 13.30 di ruang Asisten Daerah II dipimpin kadisparbud.


4.. Camat Kakihulu dan Wali Desa Kebun Tinggi menyampaikan kebutuhan servis jalan sepanjang 3 Km untuk menjamin keselamatan menuju Batu Tilam. jalan tersebut masuk poros provinsi sehingga bantuan PU Provinsi.


5. International Off Road (IOF) siap mendukung transportasi menambah armada yang disediakan dinas perhubungan.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kampar   Aliman Makmur menyampaikan beberapa masukan tertulis: 1. Perlu dipaparkan data perencanaan sdgs kabuoaten kampar dari tahun 2015, dengan pencapaian yang dicapai (17 goal) dan 169 target yg harus dicapai setiap tahunnya.


2. Sewaktu Bapak PJ Bupati Kampar, dilantik sudah sampai di mana pencapaiannya, dan target yang ingin dicapai runutannya sampai tahun 2030.


3. Pj Bupati Kampar dalam eksposenya, khusus berkenaan SDG's, selalu memaparkan pencapaian indek SDG's setiap negara. Umpamanya tahun 2019, indonesia berada pada peringkat berapa  di Asia. Indek pencapaian SDG's kabupaten Kampar perlu juga disajikan dalam konteks Nasional, propinsi Riau dan juga dibandingkan dengan kabupaten laiinnya di Indonesia.


"Sejalan dengan judul ekspose PJ Bupati Kampar, Mewujudkan Ekosistem Pembangunan Berkeadilan tergambar pemerataan pembangunan dalam kontek kesejahteraan khususnya dari sisi ekonomi  digambarkan Indek Gini Ratio di kab. kampar berbanding di Riau, dan juga indek Gini per kecamatan dan juga indek giini per desa. Sesungguhnya data ini harus sudah ada di Bappeda atau BPS Kampar, "urai Aliman.


"Mengenai Pencapaian Goal SDG's, juga harus ada di Bappeda, sebab sudah tertuang dalam RPJP nl Nasional, turunannya RPJP Provinsi lalu RPJP Kabupaten Kampar,"imbuh Aliman memungkas masukannya.


Masukan tertulis lainnya dari Plt Kepala Kantor Kemenag Kampar, H Fuadi Ahmad SH MAB: 1. Disamping program tahfiz di Islamic Center, perlu adanya Madrasah Kutab (Kajian Kitab Kuning), ditujukan kepada masyarakat pada umumnya dan praktisi dakwah.


2.Untuk mendukung Kampar Serambi Mekah, perlu adanya Integrasi kegiatan dengan dicantumkannya dalil-dalil dalam TOR, kalau perlu dalam RPJMD / RPJMDes.


3.Memasukkan konsep / kajian Islam Wasathiyyah untuk mendukung Toleransi Beragama Indonesia.


4. Rumah Ibadah yang berwawasan lingkungan dan  ramah anak.


5.Program Replikasi Pontren dalam rangka Kemandirian Pondok Pesantren.


6. Untuk mendukung penguatan Keluarga Bahagia sejahtera dan PKK, diadakan program pemilihan keluarga sakinah dan teladan Kabupaten Kampar.


Penyusunan rencana Aksi Derapp Gerbang Melayu Beriman merupakan tindak lanjut Rapat Kerja PJ Bupati Kampar bersama Ketua dan Sekretaris seluruh OPD, Staf Ahli, Asisten Daerah, dan Kepala Bagian (Kamis, 6/10/2022) yang lalu. Dr H Kamsol dalam paparan ekspose quick winsnya menekankan bahwa seluruh program dan kegiatan dipastikan sesuai dengan RPD dan mendapat dukungan penuh dalam APBD 2022, 2023, dan 2024


Masukan kritis dari JMSI mengingatkan seluruh peserta Rakor Sekber Derapp kedua untuk berkomitmen menjalankan semua program dan kegiatan yang disepakati secara berkelanjutan untuk mencapai 18 target SDG's 2030. (Ags)


0 komentar:

Posting Komentar