Staf Ahli Gubernur Riau Yurnalis Dukung dan Apresiasi Program Pj Bupati Kampar Yang Menyentuh Masyarakat Seperti Berdirinya Kopsyah Dudektif | Otda Riau I Portal Berita Riau
 


Kamis, 13 Oktober 2022

Staf Ahli Gubernur Riau Yurnalis Dukung dan Apresiasi Program Pj Bupati Kampar Yang Menyentuh Masyarakat Seperti Berdirinya Kopsyah Dudektif

0 komentar


Pekanbaru (Otdariau) - Staf Ahli Gubernur Riau Bidang Pemerintahan Hukum dan SDM Yurnalis Basri SSos MSi, mendukung dan memberikan apresiasi kepada Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol MM, Yang pro Masyarakat dan Menyentuh langsung Masyarakat Seperti Berdirinya Kopsyah Dudektif.


"Saya sangat tertarik saat mendengar penjelasan Agus Rama (Gustika Rahman SPdI Sekretaris Koperasi Syariah Digital UMKM Desa Kreatif), mengenai komitmen Kopsyah Dudektif Kampar untuk membeli seluruh produk UMKM yang memenuhi syarat. Saya sempat bertanya-tanya dari mana asal modalnya. Setelah menyimak penjelasan ibu, saya jadi paham dan siap mendukung penuh, " kata Yurnalis Basri, staf ahli Gubernur Riau dalam pertemuan informal dengan Ibu Yanti Kerlip di Pekanbaru (Kamis, 12/10/2022).


Wali Desa Kebun Tinggi, Joni yang mempertemukan keduanya di Pekanbaru menyampaikan rencana kegiatan penutupan Bulan SDG's di desanya. Hadir juga dalam pertemuan tersebut Mimi Lutmila, ketua IA ITB Pengda Riau, David Hendra, Kabid pemasaran Disparbud Kampar, dan Andi Cahyadi, Kerlip Production. Dalam kesempatan tersebuf, Yanti Kerlip menjelaskan tentang tabungan investasi untuk membuka Gerai UMKM Desa Kreatif dan modal pembelian produk. Setiap anggota dapat menabung sebesar Rp500.000 per lembar dan kelipatannya.


"Khusus untuk Bapak, seperti Kak Linda Ketua IWAPI, dan Pak Repol pimpinan DPRD Kampar saya minta menabung 5-10 lots dan 1 lots terdiri dari 10 lembar, "ujar Yanti Kerlip setelah menyampaikan rencana Sekber Derapp mengundang Staf Ahli Gubernur tersebut. Yurnalis Nasri siap menjadi narasumber semiloka kolaboraksi Koperasi, BUMDES, UMKM dalam Derapp guna capai 18 target SDG's Desa 2030. Staf ahli Gubernur Riau ini juga menyatakan kesiapannya menyampaikan undangan Sekber Derapp kepada Gubernur Riau.


Yurnalis Basri yang juga berasal dari Kampar menyambut antusias rencana Kopsyah Dudektif mendukung UMKM Desa Kreatif. Pemuda Kampar ini sangat gembira mendengar kabar Kopsyah akan menandatangani MOU dengan BUMDES pada Festival SDG's Desa Kreatif yang akan dilaksanakan di Batu Tilam Homestay Desa Kebun Tinggi Kampar.


"Gubernur sudah mengucurkan dana ratusan juta rupiah untuk memperkuat BUMDES di setiap desa termasuk  di Kampar. Namun masih perlu pembinaan agar BUMDES menjalankan usaha untuk memperkuat kemandirian desa.  Saat ini, setiap desa bahkan  Bumdes sudah banyak mempunyai produk unggulan,  hanya saja mereka terkendala pada fase pemasaran, "ujar Yurnalis Basri. 


Menurut Yurnalis, sejatinya ini menjadi tugas utama Disperindagkop dan UMKM untuk membantu pemasaran ke berbagai pihak, termasuk upaya pemasaran berbasis digital  Ruang hampa ini yang mestinya diperankan oleh Disperindagkop & UMKM dan diinternalisasi oleh Kopsyah Dudektif jelasnya.


Sementara itu Yurnalis juga memberikan apresiasi atas program-program bernas dari Pj Bupati Kampar seperti Penanam padi dengan tekhnologi IPAT-BO yang bekerjasama dengan Prof. Tualar dari UNPAD dan BRIN RI, yang saat ini sudah berjalan. Dan saya juga melihat padi-padi yang sudah ditanam mulai tumbuh subur dan berkembang. Kemudian MoU-MoU yang telah dilakukan, seperti MoU dengan Goorita Halal Hub melalui Kopsyah Dudektif, Kerjasama dengan IA-ITB, Kerjasama dengan PT Emtek dalam hal Festival Songket Internasional dan lain sebagainya.


Untuk itu, sebagai putra asli Kab. Kampar, saya sangat bangga dengan program-program bernas yang telah dilakukan oleh Bapak Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol MM. Mudah-mudahan seluruh program yang dilaksanakan bisa berjalan dengan lancar dan suskes, serta mendapat ridho dari Allah Swt. Mari kita berikan yang terbaik untuk Negeri Kampar yang sama-sama kita cintai ini. “Jangan tanya apa yang dapat kita terima, tapi tanyalah diri apa yang dapat kita beri untuk Negeri”, pungkas salah satu putra terbaik Kampar ini. (Ags)

0 komentar:

Posting Komentar