Kakan Kemenag Kampar Fuadi, Hadiri Acara Puncak Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Prov. Riau di Rengat | Otda Riau I Portal Berita Riau
 


Senin, 14 November 2022

Kakan Kemenag Kampar Fuadi, Hadiri Acara Puncak Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Prov. Riau di Rengat

0 komentar

Kampar (Inmas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar H Fuadi Ahmad SH MAB, didampingi Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren H Dirhamsyah MSy, dan rombongan, menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 Tingkat Provinsi Riau di Rengat Indragiri Hulu, hari selasa (15/11/2022).


Dalam kesmepatan tersebut Fuadi mengatakan, Kegiatan Hari Santri Nasional tingkat Prov. Riau ini dilaksanakan selama dua hari, mulai hari senin kemaren tanggal 14 november 2022, dan sampai hari ini selasa tanggal 15 november 2022. Berbagai kegiatan dilaksanakan mulai dari acara penyambutan dan malam pertunjukan santri di Danau Raja, Upacara Peringatan di RTH Kota Rengat dan acara sarasehan di Gedung Sejuta Sungkai dan Gedung Dang Purnama Rengat.


Alahmdulillah, kita dan rombongan bisa menghadiri langsung acara ini. Mudah-mudahan dengan momentum Hari Santri Nasional tahun ini, yang mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan, dapat membangkitkan para santri kita untuk siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. 


Mudah-mudahan santri kita tidak melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama itu sendiri. Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya. Bagi santri, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan. Menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs adalah salah satu tujuan diturunkannya agama di muka bumi (maqashid al-syariah). Tidak ada satu pun agama yang menyuruh pemeluknya untuk melakukan tindakan yang merusak harkat dan martabat manusia. 


Selain menjunjung tinggi nilai-nilai agama, santri juga hendknya selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi ajaran agama. Apalagi di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk. Bagi santri, menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia Hadirin yang berbahagia, Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan, pungkas Fuadi. (Ags/Ftm)


0 komentar:

Posting Komentar